Custom Search

Kamis, 19 Mei 2011

BELAJAR MENABUNG SEDARI KECIL

Kata-kata menabung sudah sangat akrab ditelinga kita.  Bahkan Anda mungkin sudah belajar menabung sedari kecil dengan memasukan sisa uang jajan atau koin kedalam celengan.  Entah kenapa namanya celengan walaupun banyak bentuk dari celengan itu sendiri ada Ayam, Kucing, Kelinci, baik dari tanah maupun dari kaleng bekas. "mungkin dulu pertama ada bentuknya berupa Celeng atau Babi hehehe sebuah lambang kekayaan...

Pada masa acara telivisi populer dengan penyanyi cilik, grup Trio Kwek Kwek mempopulerkan lagu yang mengajak kita untung menabung, lagu yang ringan namun syarat dengan pesan yang bermanfaat.

Menabung banyak memberi untung atau manfaat bagi Anda, tidak perduli berapa jumlah yang anda tabungkan dalam sebulan, sedikit atau banyak sesuai dengan kemampuan Anda.  Namun yang perlu ditekankan disini adalah disiplin Anda dalam menabung.  Menabung sedari dini sangat penting.

Mengajarkan anak-anak untuk menabung sangat penting, terutama mengajarkan mereka menabung dari sisa uang jajan, entah itu 100 perak, 500 perak, dalam celengan, mereka belajar untuk mengelola uang mereka dalam sekala kecil.  Memecahkan celengan bersama pada saat penuh dan memanfaatkannya untuk membeli apa yang mereka inginkan,
Hal ini akan membiasakan diri mereka untuk menabung bila saatnya mereka telah bisa menghasilkan uang sendiri dan memanfaatkannya untuk suatu cita atau keinginan yang mereka idamkan.

Zaman sekarang banyak anak-anak dalam masa TK diwajibkan menabung disekolahnya. Orang tua biasanya sudah memberikan uang khusus untuk ditabung diluar uang jajan.
Hal ini bagus sekali namun menurut saya masih memiliki kelemahan dari segi pembelajaran. Karena mereka tidak memiliki kesempatan untuk mengelola uang yang kita berikan sebagai uang janjan, mereka tidak belajar menyisihkan sebagian uangnya untuk ditabung.

So....
sudahkah anda mengajarkan putra-putri anda menabung??




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...